Ted Turner

TED TURNER : RAJA MEDIA YANG TIDAK TAKUT GAGAL

CNN dengan breaking news-nya yang disiarkan langsung dari manca Negara, TNT dengan film-film klasik Hollywoodnya. Cartoon Network dengan film-film kartunnya untuk anak-anak, telah merajai pertelevisian dunia selama decade terakhir. Siapa tokoh dibalik sukses televisi-televisi satelit dengan jam tayang 24 jam dan ditonton hampir diseluruh pelosok mancanegara tersebut? Siapa lagi kalo bukan Ted Tunrner, yang lahir tanggal 14 November 1938 di Cincinnati. Simak rahasia sukses sang raja media ini.

Memandang Jauh
Pada tahun 1970-an Ted Turner membeli WTBS, TV swasta di Atlanta Georgia. Dengan visinya yang jauh kedepan dia memperkuat tv tersebut dengan memanfaatkan teknologi satelit (yang pada saat itu belum mendapat perhatian dari media). Teknologi ini telah merubah stasiun tv local tersebut menjadi sebuah stasiun tv super dengan siaran yang dipancarluaskan ke seluruh dunia. Kemudian, dia dengan ide-idenya yang selalu futuristic, pada tahun 1980-an (pada saat televise lain masih berkutat dengan lingkungan lokaldan nasional) melakukan ekspansi lagi dengan mendirikan CNN, tv berita inovatif yang memancarkan siaran keseluruh dunia. Popularitas CNN meningkat dengan tajam karena mampu menghadirkan berita-berita “langsung” dari tempat kejadian yang dipancarluaskan melalui satelit (tv lain menyiarkannya hari berikutnya). Popularitas CNN sebagai tv berita menjadi lebih membahana keseluruh dunia setelah berhasil menyiarkan secara langsung perang teluk yang menghebohkan ditahun 1990-an.

Tak takut gagal
Kehidupan keluarga Ted Turner diselimuti kegagalan dan kesulitan. Bisnisnya pun tak luput dari ancaman kebangkrutan yang telah dialaminya sebanyak empat kali. Tetapi dia tidak gampang menyerah. Ketika ayahnya meninggal dunia karena bunuh diri dan kakaknya meninggal karena sakit, Ted yang waktu itu masi berumur dua puluhan tidak terbawa kepada kesedihan yang berkepanjangan. Dengan tekat juang tinggi ia bangkit dari kepedihan untuk membangun bisnis papan iklan yang diwariskan kepadanya. Bisnis yang hampir bangkrut ini kemudian dijual dan ia mengakuisisi sebuah stasiun tv local dan mulai berkarya dibisnisnya yang baru. Beberapa kali dia hampir gulung tikar tetapi Ted tidak pernah menyerah. Ia selalu mencari cara untuk bangkit dari kegagalan: mencoba pandangan baru, mencari cara baru, dan mengeksplorasi teknologi baru. Hasilnya adalah: Televisi satelit pertama di dunia yang memberitakan secara langsung berbagai pertandingan olahraga.

Jiwa Pemenang
Pemenang umumnya tampil beda, bertindak cepat, dan selalu berada jauh didepan lawan-lawannya. Ketiga kunci sukses inilah yang menjiwai Ted Turner untuk selalu berusaha yang terbaik untuk tampil sebagai pemenang baik di lapangan olahraga yang ditekuninya (ia berhasil memboyong berbagai medali dan penghargaan olahraga) maupun diarena persaingan bisnis.

Sumber : Tulisan Roy Sembel dan Tim BizCard dalam www.sinarharapan.co.id

0 Response to "Ted Turner"

Posting Komentar