pi bab1

BAB I
PEDAHULUAN


1.1Latar Belakang Masalah
Keberhasilan suatu negara tidak hanya diukur dari kemampuaan negara tersebut dalam memupuk dana dan memajukan industrinya.Kinerja pembangunan suatu negara disumbangkan oleh banyak faktor, antara lain : sumber daya alam , sumberdaya modal, sumberdaya teknologi, sumberdaya sarana dan prasarana dan sunber daya manusia. Diantara sumberdaya-sumberdaya diatas, sumberdaya manusia memiliki fungsi ganda,yaitu sebagai sumberdaya obyek yang dikelola,disisi lain sebagai subyek yang mengelola dan mengendalikan seluruh sumberdaya lainya untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan pada setiap aktivitas ekonomi.
Sumberdaya manusia pada tingkat manajerial memiliki jenjang hirarki kebutuhan akan harga diri dan aktualisasi diri,sehingga mereka lebih membutuhkan rangsangan motivasi dalam bentuk immaterial. Sedangkan sumberdaya manusia pada tingkat operational memiliki jenjang kebutuhan yang cenderung pada kebutuhan fisik, sehingga mereka lebih membutuhkan rangsangan motivasi dalam bentuk material. Yaitu berbentuk upah, upah merupakan salah satu bentuk rangsangan material untuk memotivasi kerja sumberdaya manusia pada tingkat operational.
Maka dengan segala kemampuan yang terbatas penulis mengambil judul penulisan ilmiah ini : Evaluasi Efektifas Pengupahaan Terhadap Peningkatan Produktifitas Tenaga Kerja Pada CV.SATRIA ANGKARA.

1.2Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian sebelumnya tersebut diatas dapat ditarik beberapa permasalahan yang diantaranya sebagai berikut :
1.Apakah pengupahan pada CV Satria angkara sudah baik dan memadai
2.Apakah upah yang diberikan dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan

1.3Batasan Masalah
Mengingat luasnya permasalahan pengupahan ,sebagaimana telah diuraikan dalam latar belakang diatas, maka penulis hanya membatasi pada masalah apakah pemberian upah yang dilakukan CV Satria angkara akan meningkatkan produktivitas tenaga kerja pada perusahaan tersebut.

1.4Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah ingin mengkaji sejauh mana pemberian upah yang dilakukan CV Satria angkara dalam rangka meningkatkan prodiktivitas tenaga kerja serta sejauh mana pemberian upah tersebut mampu mengakomodasi kebutuhan minimum tenaga kerja sebagai insan yang mempunyai kebutuhan hidup.

1.5Metode Penulisan
Dalam penulisan ilmiah ini,perolehan/pengumpulan data penulis lakukan dengan cara sebagai berikut :
1.Study Lapangan (Field Research)
Metode ini digunakan guna mendapatkan data primer yang dibutuhkan oleh penulis guna penyusunan penulisan ilmiah ini pada CV SATRIA ANGKARA.
2.Study Kepustakaan (Library Research)
Metode ini banyak digunakan penulis didalam menggumpulkan data sekunder yang mendukung data primer yang sudah ada,terutama dalam landasan teori penulisan ilmiah ini.

1.6Sistematika Penulisan
Untuk memperoleh gambaran secara singkat tentang penulisan ilmiah ini,penulis akan menguraikan keterangan yang telah penulis peroleh menjadi bab penulisan yang antara lain adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini akan mengemukakan keseluruhan dasar penulisan ilmiah ini yang terdiri dari latar belakang masalah , batasan masalah , tujuan penulisan , metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini akan menjelaskan tentang pengertian upah, penyusunan upah, faktor yang mempengaruhi upah,pengertian produktivitas,pengukuran produktivitas.
BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Pada bab ini menjelaskan tentang sejarah dan perkembangan perusahaan, struktur perusahaan,produk yang akan dihasilkan.
BAB IV PEMBAHASAN
Pada bab ini akan menjelaskan bagaimana pembahasan mengenai analisis pemberian upah pada CV SATRIA ANGKARA akan meningkatkan tingkat produktivitas tenaga kerja.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini penulis akan memberikan kesimpulan dan memberikan saran agar perusahaan tersebut dapat mencari solusi terbaik yang harus dilakukan agar upah kerja yang diberikan dapat memacu tingkat produktivitas tenaga kerja.

0 Response to "pi bab1"

Posting Komentar